Sabtu, 04 April 2009

LAMBANG LAMBANG PLASTIK

PADA KEMASAN PLASTIK TERDAPAT BEBERAPA LAMBANG DI ANTARANYA:
  • PETE atau PET pada plastik lambang ini hanya direkomendasikan untuk sekali pakai. bila terlalu sering dipakai apalagi untuk menyimpan air hangat/panas,akan mengakibatkan lapisan pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker) dalam jangka panjang.
  • HDPE pada kemasan plastik ini memiliki sifat bahan yang lebih kuat,keras,buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi.HDPE merupakan salah satu bahan plastik yang aman untuk digunakan karena kemampuan untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik berbahan HDPE dengan makanan yang dikemasnya.sama seperti PET HDPE juga direkomendasikan hanya untuk sekali pakai.
  • PVC yaitu jenis plastik yang paling sulit didaur ulang. reaksi yang terjadi antara PVC dengan makanan yang dikemas dengan plastik ini berbahaya untuk ginjal hati dan berat badan.
  • LDPE yaitu plastik tipe cokelat(thermoplastic/dibuat dari minyak bumi). barang berbahan LDPE ini sulit dihancurkan, tetapi tetap baik untuk tempat makan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini.
  • PP jenis PP ini adalah pilihan bahan plastik terbaik terutama untuk tempat makan dan minum. carilah dengan kode angka 5 bila membeli barang berbahan plastik untuk menyimpan kemasan berbagai kemasan makanan dan minuman.
  • PS bahan ini harus dihindari karena selain berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon esterogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, pertumbuhan dan sisten syaraf. jangan memilih bahan ini bila membeli bahan plastik.
  • OTHER kemasan ini dapat ditemukan pada tempat makanan dan minuman.plastik ini sangat baik untuk digunakan dalam kemasan makanan dan minuman.logo ini dapat ditemukan pada botol susu bayi,botol minum,polikarbonat dan kaleng susu formula.dapat merusak sistem hormon,kromosom pada ovarium,penurunan produksi sperma dan mengubah fungsi imunitas .dianjurkan tidak menggunakan kemasan ini.
Menurut saya lambang yang baik digunakan lambang no 5 PP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar